Jumat, 26 April 2013

Nurdin-Yasin Menangkan Pilkada Bantaeng

Nurdin Abdullah
BANTAENG, -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bantaeng akhirnya menetapkan pasangan HM Nurdin Abdullah-H Muhammad Yasin sebagai bupati-wakil bupati terpilih Kabupaten Bantaeng Periode 2013-2018.
Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno rekapitulasi suara dan penetapan yang dipimpin langsung Ketua KPUD Bantaeng, Andi Nurbaeti di gedung KPUD, Senin 22 April. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU Bantaeng di delapan kecamatan, pasangan incumbent Nurdin-Yasin mengungguli tiga pasangan lainnya. Nurdin-Yasin yang didukung tujuh partai politik memperoleh suara 76.660 atau 82,58 persen.

Sementara pasangan, Jabal Nur-Mansyur Tjongkeng 1.986 atau 2,14 persen. Sedangkan nomor urut dua, Andi Nurjaya-Idrus Hamdjal 3.345 atau 3,60 persen. Dan pasangan Rahmat Rahman-Imran Massoewalle nomor urut empat, 10.839 atau 11,68 persen.

Jumlah partisipasi pemilih pada Pemilukada Bantaeng kali ini sedikit lebih baik dibanding pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur lalu yang menunjukkan kenaikan yang tidak terlalu signifikan. Dimana, partisipasi pemilih pada pilgub hanya, hanya 66 persen, sementara, partisipasi dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Bantaeng, 17 April lalu, partisipasi masyarakat hanya naik 69,24 persen dari 136.049 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari data KPU Bantaeng, jumlah suara sah Pemilukada sebanyak 92.830. Pada rekapitulasi suara tersebut, masing-masing Ketua PPK di delapan Kecamatan di Bantaeng, mengumumkan hasil perhitungan masing-masing dan disaksikan anggota Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Bantaeng, saksi empat pasangan kandidat, panitia KPPS, dan para ketua tim sukses.

"Rekapitulasi suara PPK dihadirkan masing-masing saksi, menetapkan Nurdin Abdullah-Muhammad Yasin sebagai bupati dan wakil bupati Bantaeng periode selanjutnya," kata Ketua KPU Bantaeng, Andi Nurbaeti.

Pada kesempatan tersebut, masing-masing Ketua PPK di delapan Kecamatan di Bantaeng, mengumumkan hasil perhitungan masing-masing dan disaksikan anggota Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Bantaeng, saksi empat pasangan kandidat, panitia KPPS, dan para ketua tim sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar